RESUME BERPIKIR KOMPUTASI

1.STRUKTUR DATA
Dalam istilah ilmu komputer, struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data (database) sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar sebar (spreadsheet), pangkalan data, pengolah kata, citra yang dipampat (compressed image), dan pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang terlihat oleh pengguna ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan basis data (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata yang kolomnya berubah secara dinamis.

2.TREE DATA
Tree adalah salah satu struk tur data yang paling umum digunakan dalam pengembangan web. Pernyataan ini berlaku untuk pengguna dan pengembang. Setiap web developer yang telah ditulis HTML dan dimuat ke web browser telah menciptakan sebuah tree, yang disebut sebagai Document Object Model (DOM). Setiap pengguna internet yang memiliki, pada gilirannya, mengkonsumsi informasi di Internet telah menerimanya dalam bentuk tree — DOM.

Sekarang, di sini adalah klimaks: artikel yang Anda baca saat ini dituliskan di peramban sebagai tree! paragprah yang baca direpresentasikan sebagai teks dalam<p>elemen; <p>elemen bersarang di dalam<body>elemen; dan<body>elemen bersarang di dalam<html>elemen.

data Bersarang ini mirip dengan sebuah pohon keluarga. <html>elemen adalah parent,<body>elemen adalah seorang child, dan<p>elemen adalah anak<body>elemen. Jika analogi ini pohon tampaknya berguna bagi Anda, maka Anda akan menemukan kenyamanan dalam mengetahui bahwa analogi lain akan digunakan selama kami pelaksanaan tree.

Dalam artikel ini, kita akan menciptakan sebuah pohon yang menggunakan dua metode yang berbeda dari pohon traversal: Depth-First Search (DFS) dan Breadth-First Search (BFS). (Jika kata traversal asing bagi Anda, mempertimbangkan hal itu berarti mengunjungi setiap node tree.) Kedua jenis traversals menyoroti berbagai cara berinteraksi dengan sebuah pohon. perjalanan kedua, Selain itu, menggabungkan penggunaan struktur data yang kita sudah dibahas dalam seri ini. DFS menggunakan tumpukan dan BFS menggunakan antrian untuk mengunjungi node. Ini keren!

3.GRAPH DATA
Graph adalah jenis struktur data umum yang susunan datanya tidak berdekatan satu sama lain (non-linier). Graph terdiri dari kumpulan simpul berhingga untuk menyimpan data dan antara dua buah simpul terdapat hubungan saling keterkaitan.

Struktur Data Graph: Pengertian, Jenis, dan Kegunaannya
Simpul pada graph disebut dengan verteks (V), sedangkan sisi yang menghubungkan antar verteks disebut edge (E). Pasangan (x,y) disebut sebagai edge, yang menyatakan bahwa simpul x terhubung ke simpul y.

4.ALGORITMA
Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah komputasi tertentu. Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan data. Algoritma yang lebih mutakhir dapat melakukan deduksi otomatis (disebut sebagai penalaran otomatis) dan menggunakan tes matematis dan logis untuk mengarahkan eksekusi kode melalui berbagai rute (disebut sebagai pengambilan keputusan otomatis). Penggunaan karakteristik manusia sebagai deskriptor mesin secara metaforis telah dipraktekkan oleh Alan Turing dengan terminologi seperti "memory", "search" dan "stimulus".[1]


Diagram alur dari sebuah algoritma (Algoritma Euklides) untuk menghitung faktor persekutuan terbesar (f.p.b.) dari dua angka a dan b dalam lokasi bernama A dan B. Algoritma dijalankan dengan pengurangan berturut-turut dalam dua pengulangan: JIKA pengujian B >= A menghasilkan "ya" (atau benar) (lebih akuratnya angka b dalam lokasi B lebih besar atau sama dengan angka a dalam lokasi A) MAKA, algoritma menentukan B ← B - A (artinya angka b - a menggantikan b sebelumnya). Hal yang sama, JIKA A > B, MAKA A ← A - B. Proses tersebut berhenti saat (isi dari) B adalah 0, menghasilkan f.p.k. dalam A. (Algoritma tersebut diambil dari Scott 2009:13; simbol dan gaya penggambaran dari Tausworthe 1977).
Sebaliknya, heuristika adalah pendekatan untuk pemecahan masalah komputasi yang mungkin tidak sepenuhnya terspesifikasi atau tidak menjamin hasil yang benar atau optimal, terutama dalam ranah masalah komputasi yang mana tidak ada hasil yang benar atau optimal yang terdefinisi dengan baik.[2]

5.pengertian algoritma menurut para ahli
Algoritma merupakan sekumpulan instruksi atau langkah-langkah yang dituliskan secara sistematis dan digunakan untuk menyelesaikan masalah / persoalan logika dan matematika dengan bantuan komputer (Sismoro, 2005, 29).
  • praktisi dibidang teknologi asal Australia

Algoritma merupakan sebuah deskripsi suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.

  • Menurut Andrey Andreyevich Markov, Matematikawan asal Rusia

Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.

  • Menurut Romi Satria Wahono, salah satu praktisi Komputerisasi terbaik dari indonesia pemilik dari situs ilmukomputer.com

Algoritma adalah logika, metode dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan

6. Expresi logika

Ekspresi logika adalah proposisi yang dibangun dengan variabel logika yang berasal dari pernyataan atau argumen. Variabel logika berupa huruf tertentu yang dirangkai dengan perangkai logika, disebut ekspresi logika.

Ekspresi logika adalah pernyataan yang bisa benar atau salah . Misalnya, A < B adalah ekspresi logika. Ekspresi ini bisa benar atau salah tergantung pada nilai a dan b yang diberikan.

7.OPERASI LOGIKA
Dalam logika, operator logika atau perangkai logika merupakan simbol logika yang dipakai untuk menghubungkan rumus-rumus logika. Sebagai contoh, dalam sintaks logika proposisional, operasi biner .



Operator logika pada umumnya meliputi negasi, disjungsi, konjungsi, implikasi dan kesetaraan . Dalam sistem logika klasik yang standar, operator-operator tersebut dipandang sebagai fungsi kebenaran, yakni fungsi yang menerima suatu nilai kebenaran (benar atau salah) dan menghasilkan nilai kebenaran yang baru. Sedangkan dalam logika non-klasik ada beberapa interpretasi berbeda terkait definisi dari operator-operator tersebut. Interpretasi klasik dari setiap operator tersebut mirip dengan ungkapan "tidak", "atau", "dan", dan "jika" dalam bahasa alami seperti Bahasa Indonesia, walau tidak identik.
8.FLOWCHART
Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses dalam bentuk diagram. Dalam dunia pemrograman dan sistem, flowchart digunakan untuk merencanakan, menganalisis, dan memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah.

Simbol Flowchart dan Fungsinya
Simbol-simbol dalam flowchart memiliki makna dan fungsi tertentu yang membantu dalam pemahaman alur kerja. Beberapa simbol dasar flowchart meliputi:

1.Simbol Awal (Start/End):
Simbol ini menandakan awal dan akhir dari suatu proses atau algoritma. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk oval atau persegi panjang dengan tepi melengkung.

2. Simbol Proses:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah atau tindakan yang harus dilakukan dalam proses. Umumnya direpresentasikan dengan bentuk persegi panjang.

3. Simbol Keputusan (Decision):
Simbol ini menunjukkan titik keputusan dalam alur kerja yang memerlukan pilihan ya atau tidak. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk diamond.

4. Simbol Input/Output:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan input atau output data dalam proses. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk paralelogram.

5. Simbol Penghubung (Connector):
Simbol ini digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian flowchart yang terpisah. Biasanya direpresentasikan dengan garis lurus atau panah.
9.FLOWCHART DOKUMEN
Document flowchart adalah bagan alir untuk menganalisis alur dokumen dan informasi antar departemen atau unit dalam suatu organisasi.

Biasanya, jenis flowchart ini dibagi menjadi beberapa kolom yang menunjukkan tiap-tiap departemen atau unit dalam organisasi.

Flowchart jenis ini dibuat untuk mencari tahu alur setiap dokumen dalam suatu proses dari asal hingga tujuan akhirnya. Dengan begitu, Anda bisa menggambarkan asal dokumen, distribusi dokumen ke tiap unit, tujuan akhir dokumen, serta alur perpindahan dokumen dan informasi antar departemen.

4 Document flowchart adalah bagan alir untuk menganalisis alur dokumen
10.FLOWCHART DATA
diagram, DFD) adalah suatu diagram yang menggambarkan aliran data dari sebuah proses atau sistem (biasanya sistem informasi). DFD juga menyediakan informasi mengenai luaran dan masukan dari setiap entitas dan proses itu sendiri. DFD tidak memiliki kontrol terhadap alirannya, tidak ada aturan mengenai keputusan maupun pengulangan. Operasi spesifik berbasis data dapat digambarkan oleh diagram flowchart.[1] Menurut Kenneth Kozar, tujuan dari DFD adalah menyediakan jembatan antara pengguna dan pengembang sistem.

Walaupun pemodelan berbasis aliran data terkesan sebagai teknik yang ketinggalan zaman oleh beberapa software engineer, DFD tetap menjadi salah satu notasi analisis kebutuhan yang paling sering digunakan saat ini. Walaupun DFD bukan bagian dari UML, DFD dapat digunakan untuk melengkapi diagram UML dan memberikan tambahan wawasan pada aliran dan kebutuhan di dalam sistem.[2]
11.FLOWCHART SISTEM
Flowchart sistem adalah flowchart yang menampilkan tahapan atau proses kerja yang sedang berlangsung di dalam sistem secara menyeluruh. Selain itu flowchart sistem juga menguraikan urutan dari setiap prosedur yang ada di dalam sistem.

Flowchart skematikTerakhir ada flowchart skematik. Flowchart ini menampilkan alur prosedur suatu sistem, hampir sama dengan flowchart sistem. Namun, ada perbedaan dalam penggunaan simbol-simbol dalam menggambarkan alur. Selain simbol-simbol, flowchart skematik juga menggunakan gambar-gambar komputer serta peralatan lainnya untuk mempermudah dalam pembacaan flowchart untuk orang awam.
12.FLOWCHART PROGRAM
flowchart program. Flowchart ini menggambarkan secara rinci prosedur dari proses program. 

Flowchart program terdiri dari dua macam, antara lain: flowchart logika program (program logic flowchart) dan flowchart program komputer terinci (detailed computer program flowchart
13.SIMBOL SIMBOL FLOWCHART
Pada dasarnya simbol-simbol dalam flowchart memiliki arti yang berbeda-beda,Berikut ini adalah beberapa simbol flowchart dan fungsinya.

1. Terminal
Simbol terminal adalah simbol oval yang menunjukkan awal atau akhir dari suatu proses. Simbol ini sangat penting karena memberikan titik awal dan titik akhir dari proses yang dijelaskan dalam diagram, dan digunakan untuk memulai atau mengakhiri alur proses.

2. Process
Simbol kotak atau proses, digunakan untuk menandai langkah atau tindakan dalam proses tersebut. Biasanya tindakan ini melibatkan pengambilan keputusan atau operasi matematika.

3. Decision
Simbol berbentuk belah ketupat atau decision, digunakan untuk menandai keputusan yang harus diambil dalam proses tersebut. Pilihan yang tersedia biasanya hanya dua, yaitu yes atau no.

4. Off-page References
Simbol Off-page References adalah simbol yang digunakan untuk menghubungkan dua halaman atau lembar flowchart yang berbeda.

Simbol ini dapat membantu dalam menggambarkan proses yang kompleks dan panjang dengan lebih mudah.

Simbol ini digunakan ketika proses yang dijelaskan membutuhkan lebih dari satu lembar flowchart dan memungkinkan pembaca untuk melihat seluruh alur proses yang diperlukan.

5. Manual Input
Simbol manual input membantu dalam menggambarkan alur masukan dari pengguna dan memudahkan pemahaman tentang bagaimana data masukan tersebut digunakan dalam proses yang dijelaskan.
6. Input
Simbol yang menunjukkan input atau masukan yang diperoleh dari luar sistem atau proses. Simbol input membantu dalam menggambarkan alur masukan dari sumber eksternal dan memudahkan pemahaman tentang bagaimana data masukan tersebut digunakan dalam proses yang dijelaskan.

7. Predefined Process
Simbol yang menunjukkan proses atau tindakan yang telah ditentukan sebelumnya dan sering digunakan dalam proses yang sama atau serupa.

Simbol predefined process membantu dalam menggambarkan proses atau tindakan yang sering digunakan dan memudahkan pemahaman tentang bagaimana proses tersebut bekerja dalam konteks yang lebih luas.

8. Database
Simbol yang menunjukkan penyimpanan data dalam sistem atau proses dan digunakan untuk merepresentasikan tempat atau lokasi penyimpanan data dalam suatu sistem atau database.

9. Manual Operation
Simbol ini menunjukkan operasi atau tindakan yang dilakukan secara manual oleh manusia dalam suatu sistem atau proses. Umumnya, digunakan untuk merepresentasikan tindakan atau operasi yang membutuhkan intervensi manusia dalam suatu sistem atau prosedur.

10. Document
Simbol document adalah simbol yang menunjukkan dokumen atau data tertentu dalam suatu sistem atau proses.

Simbol ini digunakan untuk merepresentasikan dokumen, catatan, atau data yang berhubungan dengan proses atau sistem yang sedang dijelaskan.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini